Teknik Pengolahan Kotoran Sapi yang Menguntungkan

Ada berbagai macam teknik dalam pengolahan kotoran sapi, sehingga dapat memberikan keuntungan kepada peternak sapi. Hal ini di karenakan seekor sapi menghasilkan sedikitnya 16-25 kg kotoran dalam kurun waktu satu hari. Bayankan saja apabila dalam waktu satu bulan maka 25 kg x 30 hari maka sudah ada 750 kg kotoran sapi.

Teknik Pengolahan Kotoran Sapi yang Menguntungkan

Dalam usaha ini biasa peternak sapi dalam proses penggemukan membutuhkan waktu sekitar 4 bulan. Maka sudah di ketahui bahwa dalam kurun waktu 4 bulan sudah ada 3 ton kotoran sapi yang di hasilkan. itu baru di hasilkan dari satu sapi, bisa di bayangkan jika kita memiliki sapi sepuluh, kotoran sapi yang di hasilkan bisa mencapai 30 ton.

Baca juga :
Kotoran sapi sendiri biasanya banyak di cari oleh para petani yang akan memulai bercocok tanam. Biasanya pada awal proses penyiapan lahan para petani memberikan pupuk kandang, salah satunya dari kotoran sapi. Nah hal ini bisa di manfaatkan oleh para peternak sapi untuk menjual kotoran sapi kepada para petani.

Harga kotoran sapi sendiri lumayan tinggi, yaitu Rp 900 per Kg. Tidak hanya kotoran sapi saja yang bisa di jual, namun kencing sapi sendiri juga dapat di jual. Harga kencing sapi sendiri lebih mahal yaitu Rp 16.000 untuk setiap liternya. 

Kotoran sapi ini dapat di olah menjadi kompos, sedangkan kencing sapi dapat di oleh menjadi POC atau yang biasa di sebut pupuk organik cair. Dimana kedua pupuk ini sangat di butuhkan oleh para petani dalam budidaya tanaman sayur dan tanaman pangan.

Sebagai informasi untuk meningkatkan harga jual kotoran sapi dan kencing bisa di lakukan pemberian merek dagang. Merek dagang di sini maksudnya misal untuk kotoran sapi yang udah kering dan bagus kualitasnya di jual dalam kemasan 1kg atau 5kg, dimana harga dari semula Rp 900 bisa di jual Rp 3.000/kg atau Rp 15.000/5kg. 

Sedangkan untuk pengolah kening sapi sendiri bisa di buatkan merek dan packing untuk di jadikan POC. untuk harga yang semula Rp 15.000 / liter nanti bisa di naikan menjadi Rp 30.000/liter. Hal ini tentunya akan dapat memberikan pemasukan tambahan kepada para peternak sapi.

Demikian tadi beberapa informasi mengenai teknik pengolahan kotoran sapi yang sangat menguntungkan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca semuanya. 

0 comments