3 Cara Mudah Ternak Kuda Bagi Pemula 100% Berhasil

Kuda menjadi salah satu hewan yang banyak dibudidayakan atau dikembangbiakkan diindonesia. Hal ini tak terlepas dari mudahnya mencari makanan untuk hewan tersebut. Apalagi didaerah anda masih banyak padang rumput. Sangat mudah untuk berternak kuda.

Di daerah saya (Jogja)  kuda menjadi alternatif kendaraan tradisional ( Andong).Nah disini banyak yang memelihara kuda yang dijadikan penarik andong. Karena kuda memiliki tenaga yang kuat dan terkenal tidak pernah lelah. 
Cara Mudah Ternak Kuda

Akhir-akhir ini kuda juga banyak dilombakan,seperti pacuan kuda. Harga kuda yang terbilang mahal menjadi daya tarik banyak orang untuk mengembangbiakannya. Dengan cara beternak kuda. 

Beberapa hal yang harus kita pelajari tentang bagaimana cara beternak kuda bagi pemula.

1.Memiliki Lahan Untuk Pemeliharaan
Ukuran kandang kuda memang tidak terlalu besar antara 2x3 meter namun juga bisa lebih besar, misalkan 3x4 meter. Yang terpenting kuda dalam keadaan nyaman didalamnya.

Nah ukuran diatas untuk 1 kuda atau bisa juga sepasang kuda (3mx4m),Namun jika usaha anda untuk ternak kuda berhasil.,maka secara otomatis anda memerlukan lahan yang lebih luas.

Ada beberala solusi untuk mengatasi masalah sempitnya lahan.Salah satu caranya adalah dengan menyewa tempat. Misalkan seperti ditempat saya, dibuat kandang kelompok yang difasilitasi oleh desa setempat, Hanya perlu membayar sewa saja. Sewa tempat menurut saya pribadi sangat murah. Berkisara 150-300rb pertahun.Sangat murah bukan :-)
Ternak Kuda Bagi Pemula

2.Paham Dengan Karakter Kuda

Mustahil jika anda ingin memulai usaha ternak kuda, namun anda tidak memiliki ilmu sedikitpun tentang hewan tersebut.

Anda harus belajar memahami sifat dan karakter kuda.

Belajarlah kepada orang yang sudah memulai usaha ternak kuda sejak lama. Jika dirasa kurang, maka cobalah mencari sumber sumber alternatid dari Internet.

Banyak sekali yang harus anda pelajari jika anda ingin memulai ternak kuda, apalagi anda adalah seorang pemula.
Hal-hal dasar seperti makanan pokok kuda, extra fooding untuk kuda, bagaimana ciri-ciri kuda ketika sedang sakit,mengapa kuda terlihat lebih agresif dan sebagainya.
Ternak Kuda

Baca Juga : Harga Bibit Sapi Limosin

3.Pemilihan bibit unggul
Jika anda serius untuk memulai usaha ternak kuda, pilihlah indukan yang memiliki postur besar.
Mengapa harus memilih postur kuda yang besar, karena kuda yang memiliki tubuh besar dan tegak lebih mahal harganya ketika dijual.

Rata-rata harga kuda mulai dari umur 5-6bulan adalah Rp. 8.000.000
Untuk kuda yang sudah berumut 6-12 bulan rata-rata memiliki nilai jual Rp 15.000.000
Hal ini hanya sebagai gambaran. Karena harga kuda bisa saja bervareasi tergantung besar atau kecil ukuran kuda tersebut.

Sekian info mengenai cara mudah ternak kuda bagi pemula.Semoga bermanfaat


Keyword : Ternak Kuda, Cara Ternak Kuda, Cara Mudah Ternak Kuda Bagi Pemula

0 comments