Alternatif Pakan Sapi Limosin dan Extra Fooding Untuk Penggemukan

Pakan Sapi Limosin - Sebenarnya pakan sapi limosin tidak beda dengan pakan sapi lokal pada umumnya.Namun dikarenakan sapi limosin ini istimewa dengan bobotya yang sangat besar,maka pakan sapi limosin juga cenderung lebih banyak untuk proses penggemukan.

Perlunya memberikan asupan gizi yang extra untuk sapi limosin, maka dari itu,sebagai peternak sapi limosin, kita harus mencari alternatif pakan dan extrafood yang cocok untuk jenis sapi ini.
Hal lain yang harus di fikirkan juga adalah mengenai cost atau biaya pembuatan pakan alternatif ini, karena sangat berpengaruh pada hasil akhir usaha kita.

Alternatif pakan sapi limosin

Untuk peternak besar,biasanya pakan berupa rumput ditanam disekitar kandang dengan memanfaatkan lahan kosong.Namun untuk peternak perorangan,mereka lebih mengandalkan untuk mencari rumput diarea persawahan untuk memenuhi pakan ternak sapi limosin mereka.
Pakan Sapi Limosin

Terkadang kendala susahnya mendapat pakan ternak menjadi satu masalah yang biasa dihadapi peternak sapi limosin dalam sekala besar maupun kecil.Karena rumput merupakan makanan pokok sapi,maka untuk mendapatkannya para peternak rela merogoh kocek untuk membeli pakan sapi limosin miliknya,Misalkan saja daun kacang tanah bisa menjadi alternatif ketika susah mendapatkan makanan ternak.

Untuk EF ( extra fooding ) para peternak bisa memanfaatkan bekatul dan limbah pembuatan tahu.Ampas tahu merupakan salah satu bahan yang bisa dipakai sebagai bahan penyusun ransum. Sampai saat ini ampas tahu cukup mudah didapat meskipun terkadang harus antri dengan peternak lainnya.Nah ampas tahu atau limbah pembuatan tahu bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau.
Pakan Sapi Limosin Untuk Penggemukan

Ditinjau  dari  komposisi  kimianya  ampas  tahu  bisa  digunakan sebagai sumber protein. Mengingat kandungan protein dan lemak pada ampas tahu yang cukup tinggi. Namun kandungan tersebut berbeda tiap tempat dan cara pemprosesannya.  Terdapat laporan bahwa kandungan ampas tahu yaitu protein 8,66%; lemak 3,79%; air 51,63% dan abu 1,21%, maka sangat memungkinkan ampas tahu dapat diolah menjadi bahan makanan ternak.

Artikel Terkait : Cari Bibit Sapi Limosin?? Disni Infonya
Penggemukan Sapi Limosin Dengan Extra Fooding


Selain itu kita bisa mengolah atau meracik pakan ternak dengan kombinasi bahan - bahan alami dan organic. Konsentrat sebagai makanan atau pakan sapi limosin memiliki kadar nutrisi,protein dan karbohidrat serta kadar serat kasar yang cukup rendah.Dan bahan pangan sering digunakan seperti bekatul atau dedak atau juga dapat dengan menggatinya dengan batang rumbia yang mengandung sagu rumbia.

Demikian penjelasan dari kami,semoga bermanfaat


0 comments